Laman

Sabtu, 01 Desember 2012

BRI Syariah: Semua Serba Gratis

Tidak disangka, artikel “Enaknya Menabung di BRI Syariah” sepertinya sangat menarik bagi pembaca. Terbukti sampai saat ini, setiap hari, artikel tersebut selalu mendapat rating tertinggi dibanding artikel saya lainnya, dan mempunyai aktifitas komentar paling banyak. Melalui artikel ini, saya ingin merangkum pertanyaan-pertanyaan pengunjung sejau ini.

BRI Syariah

Apakah BRI Syariah berbeda dengan BRI (konvensional)?

Ya, BRI Syariah merupakan institusi perbankan tersendiri yang terpisah dari BRI (konvensional). Jadi, jika Anda hendak membuka tabungan di BRI Syariah, Anda tidak dapat membuka di kantor bank BRI (konvensional), tetapi harus ke kantor bank BRI Syariah. Untuk informasi lokasi kantor bank BRI Syariah, silakan menelpon ke nomor: (kode area) 500-789, misal: (022) 500-789.

Bagaimana cara membuka tabungan di BRI Syariah?

Untuk membuka tabungan di BRI Syariah, silakan menuju kantor bank BRI Syariah, jangan lupa siapkan syarat-syarat yang diperlukan, yaitu:
  • Uang senilai Rp50.000 untuk saldo awal pembukaan rekening. Ini sudah termasuk biaya pembuatan kartu ATM.
  • Tanda pengenal (KTP/SIM/KTM/Kartu Pelajar)
Hanya 2 (dua) syarat saja yang diperlukan. Bagaimana jika Anda seorang pendatang/bukan penduduk kota setempat? Tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa membuka tabungan di BRI Syariah. Anda hanya perlu mengisi formulir “Keterangan Domisili” yang sudah disediakan oleh pihak BRI Syariah.

Saya non muslim, bisakah membuka tabungan di BRI Syariah?

Bisa. BRI Syariah terbuka untuk semua kalangan. Syariah hanya sistem pengelolaannya (menurut hukum Islam) saja.

Apa saja kelebihan dari menabung di BRI Syariah?

Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menabung di BRI Syariah, diantaranya:
  1. Gratis biaya administrasi bulanan.

    Saldo tabungan Anda tidak akan berkurang tiap bulannya untuk membayar biaya administrasi tabungan dan biaya administrasi kartu ATM

  2. Gratis biaya transaksi tarik tunai dan cek saldo di seluruh mesin ATM jaringan ATM Bersama dan Prima.

    Anda tidak perlu ragu untuk mengecek saldo atau menarik uang tunai di mesin-mesin ATM Bersama (seperti: BRI, BNI, Mandiri, BTN, BII, dan sebagainya). Pokoknya jika pada pintu mesin ATM terdapat logo “ATM Bersama”, gunakan saja kartu ATM Anda. Juga tidak perlu ragu untuk bertransaksi di mesin ATM Prima, seperti: BCA.

  3. Gratis biaya Debit Prima.

    Jika Anda berbelanja di swalayan yang menyediakan perangkat Debit Prima, gunakan saja kartu ATM BRI Syariah Anda. Gratis!

  4. Saldo tabungan minimal rendah.

    Ya, saldo minimal tabungan BRI Syariah hanya Rp25.000. Jika saldo Anda Rp75.000, Anda bisa tarik tunai Rp50.000 melalui mesin ATM. Tapi jangan sampai membiarkan saldo Anda di bawah Rp25.000, karena Anda akan dikenai “sanksi” administrasi bulanan lho.

  5. Gratis biaya transfer, dan dapat mentransfer dan menerima transfer dari semua institusi perbankan di Indonesia melalui mesin ATM.

    Selama institusi perbankan tergabung dalam jaringan ATM Bersama atau Prima, BRI Syariah dapat berkoneksi dengan bank tersebut. Ya, ini kelebihan yang sangat memudahkan bagi nasabah bank BRI Syariah. Anda dapat mentransfer uang ke bank lain, gratis, termasuk ke bank BCA melalui mesin ATM. Selain itu, pemilik rekening di bank lainpun dapat mentransfer uang ke BRI Syariah melalu mesin ATM, tidak terkecuali juga pemilik rekening BCA. Kenapa bank BCA sperti menjadi spesial? Karena bank BCA tidak tergabung dalam jaringan ATM Bersama, sehingga pemilik rekening bank lain, seperti BNI, BRI (konvensinal), BTN, dan lainnya, akan kesusahan dalam transaksi mentransfer atau ditransfer uang melalui mesin ATM. Tetapi tidak bagi pemilik rekening BRI Syariah.

    Untuk mentransfer uang ke bank lain dalam jaringan ATM Bersama, Anda dapat menggunakan mesin ATM milik bank apapun. Sementara untuk mentransfer ke bank BCA, Anda hanya dapat melakukannya di mesin ATM BRI Syariah, atau mesin ATM BCA. Maklum saja, bank lain tidak ada pilihan menu untuk transaksi ke bank dalam jaringan Prima (bank BCA). Bagimana cara mentransfer ke bank BCA? Silakan baca artikel ini: “Wow, Via ATM BRI Syariah Bisa Transfer ke Rekening BCA”

    Oh ya, untuk transfer ke pemilik rekening BRI Syariah, gunakan kode “sakti” 422 ketika mentransfer dari mesin ATM manapun (selain BRI Syariah).

    {422}no-rekening
     
    Misal:
    4221003436008
     
     
    Mesin ATM BRI

Bisakah nasabah BRI Syariah menabung di bank BRI (konvensional)?

Bisa. Ketika kantor BRI Syariah jauh letaknya dari kediaman Anda, sementara di daerah sekitar Anda terdapat bank BRI (konvensional). Menabung saja di bank BRI (konvensional) tersebut. Bagaimana caranya? Ketika Anda membuka tabungan di bank BRI Syariah, Anda akan dijelaskan cara menabung di bank BRI (konvensional). Anda akan menerima lembaran kertas berisi nomor rekening (giro) BRI (konvensional). Untuk menabung, Anda akan menggunakan nomor rekening tersebut sebagai nomor rekening tujuan (tidak menggunakan nomor rekening bank BRI Syariah milik Anda). Bingung? Bertanya saja ke bapak Satpam, dijamin Anda akan dilayani dengan sebaik-baiknya.

Jika ada kelebihan, tentu ada kekurangan. Apa seja kekurangan BRI Syariah?

Kekurangan BRI Syariah adalah sampai tulisan ini dibuat belum tersedianya fasilitas internet banking, walaupun fasilitas tersebut sepertinya sedang disiapkan sekarang ini, seilakan cek di situs resmi BRI Syariah di sini: http://www.brisyariah.co.id. Tetapi BRI Syariah menyediakan fasilitas lain yaitu SMS Banking. Anda dapat bertransaksi perbankan melalui SMS Banking. Untuk mengaktifkannya, silakan ke kantor BRI Syariah. Selain itu, untuk sekedar mengecek saldo, Anda dapat menghubungi nomor 500-789.
Untuk kekurangan lainnya, silakan lihat artikel yang ini: “Hati-Hati Bertransaksi di Mesin ATM BRI Bagi Nasabah BRI Syariah”

Transfer dari bank lain ke bank BRI Syariah apakah dikenakan biaya?

Wah kalau yang ini saya tidak tahu. Karena itu urusannya dengan kebijakan institusi bank tersebut. :D 

Gedung Bank BRI Syariah

Gedung Bank BRI Syariah

Hm, jika ternyata mudah dan menguntungkan, kenapa Anda tidak membuka rekening saja di BRI Syariah sekarang? Silakan kunjungi kantor BRI Syariah terdekat di kota Anda. Kapan lagi ada yang mudah dan gratis di negeri ini? :D 

Artikel ini hanya berbagi pengalaman saya selama menjadi nasabah BRI Syariah. Tidak ada maksud dan tujuan promosi, dan tidak diikutkan dalam kontes apapun, selain artikel yang ini: “Motor matic injeksi irit harga murah – Yamaha Mio J” :D , karena saya sama sekali tidak ada hubungan lain (selain sebagai nasabah) dengan BRI Syariah. Jika kemudian hari saya mengalami masalah yang tidak menyenangkan dengan BRI Syariah, tentu saja saya juga akan membagikan pengalaman tersebut. Mudah-mudahan BRI Syariah selalu memberikan pelayanan sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar: